Jumat, 09 Maret 2012

Permasalahan Lingkungan Hidup yang Dihadapi Indonesia



a.    Kependudukan
Seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah negara dengan populasi penduduk tertinggi di Asia Tenggara bahkan menempati urutan keempat di dunia. Tentu saja dapat dibayangkan betapa padatnya keadaan penduduk di Indonesia. Kependudukan memberi keuntungan finansial dan tenaga di satu sisi, namun di sisi lain, kependudukan merupakan awal mula dari segala permasalahan yang dihadapi saat ini, karena tentu saja hal tersebut merupakan hasil kurangnya kesadaran dan cinta lingkungan.
b.    Sampah
Masalah terberat kedua adalah sampah. Setiap hari setiap saat ke manapun hal yang paling sering kita temui adalah sampah, baik sampah plastik, kertas, botol, kaleng, dll. Tentunya sangat mengganggu pemandangan dan kenyamanan. Apalagi sampah-sampah tersebut terus menumpuk karena sulit didaur ulang.
c.     Hutan Gundul
Dahulu Indonesia adalah salah satu negara dengan hutan terbanyak terlebat di dunia. Namun, karena penggunaan yang berlebihan dan tidak sesuai dengan ketentuan yang seharusnya, membuat hutan-hutan Indonesia mengalami pengurangan jumlah secara drastis. Padahal hutan memiliki fungsi-fungsi yang tidak terbantahkan antara lain, produksi oksigen, rumah bagi berbagai jenis tanaman dan binatang, dan juga mencegah banjir.
d.    Banjir
Di musim penghujan, sering kita temui berita di televisi mengenai banjir di berbagai wilayah di Indonesia. Tentunya hal ini menjadi ketidaknyamanan, karena sulit beraktivitas, kerusakan bahkan kehilangan harta benda, hingga korban jiwa yang bergelimpang.
e.    Daerah Resapan
Seperti apa yang kita lihat, Indonesia, sangat padat dalam jumlah penduduk. Penduduk-penduduk tersebut tentu saja memerlukan rumah, dapat dibayangkan jika semua penduduk memiliki rumah,  tentu sangat padat, belum lagi gedung-gedung pencakar langit hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Kepadatan bangunan ini menggusur wilayah hijau atau daerah resapan untuk menyerap air. Jika hal ini tidak ditanggulangi sejak dini, tentu akan menjadi masalah pokok yang semakin sulit dibenahi.
f.     Polusi
Bau, adalah salah satu dampak dari polusi. Polusi terjadi karena jumlah kendaraan bermotor bertambah dari hari ke hari, jalan aspal semakin lebar dan panjang, sedangkan pohon-pohon sebagai penyerap udara kotor semakin sempit teritorialnya.Belum lagi transportasi umum yang sudah tidak layak pakai namun masih dipakai. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar